Assalamualikum, Selamat Datang. Salam Ukhuwah



Memahami manusia untuk memaksimalkan potesinnya dalam “pengkaderan”

Rabu, 27 November 20131komentar


Dalam al-Qur’an dinyatakan bahwa manusia memiliki alat-alat potensial yang harus dikembangkan secara optimal. Antara lain firman Allah: “Wallahu akhrajakum min buthuni ummahatikum la ta’lamuna syai’a, wa ja’alalakum as-sam’ wa al-abshar wa al-af’idah la’allakum tasykurun” (Q.S. an-Nahl: 78). Dan Allah telah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan-penglihatan dan aneka hati, agar kamu bersyukur. Cukup menarik analisis mufassir terhadap ayat tersebut, bahwa penyebutan alat indra secara berurutan mencerminkan tahap perkembangan  dari fungsi indera tersebut. Didahulukannya kata  as-sam’ atas  al-abshar, adalah perurutan yang tepat, karena menurut ilmu kedokteran modern bahwa indera pendengaran berfungsi mendahului indera penglihatan.

Indra pendengaran mulai tumbuh pada diri anak bayi pada pekan-pekan pertama, sedangkan indera penglihatan baru bermula pada bulan ketiga dan menjadi sempurna menginjak bulan keenam. Selanjutnya, al-af’idah atau kemampuan, kecerdasan akal dan mata hati berfungsi membedakan yang benar dan salah atau yang baik dan buruk, berfungsi jauh sesudah kedua indera (pendengaran dan penglihatan). Dilihat dari aspek etimologis, kata as-sam’ (pendengaran) dalam bentuk mufrad. 
Hal ini mengandung makna bahwa apa yang didengar selalu saja sama baik oleh seorang maupun banyak orang dan dari arah mana pun datangnya suara. Berbeda halnya dengan kata al-abshar dan  al-af’idah dalam bentuk jamak. Ini mengandung makna bahwa posisi tempat berpijak dan arah  pandang seseorang bisa melahirkan perbedaan hasil pandangan.  Demikian pula, hasil kerja kemampuan atau kecerdasan akal dan hati.
 Hati manusia sekali senang sekali susah, sekali benci dan sekali rindu, tingkat-tingkatnya punberbeda-beda walaupun obyek yang dibenci dan dirindui sama. hasil penalaran akal pun berbeda, boleh jadi ada yang sangat cepat dan tepat, ada pula yang merupakan kesalahan fatal. Alat-alat potensial itu ada yang hanya bisa menangkap obyek-obyek yang bersifat material, seperti pendengaran (as-sam’) dan penglihatan (al-bashar), dan ada pula yang bisa menangkap obyek-obyek immaterial, yaitu al-af’idah (kemampuan atau kecerdasan akal pikiran dan hati atau qalbu). 
Salah satu pertanyaan mendasar yang merupakan intidari pandangan hidup seseorang yang akan menentukan sikap hidupnya adalah “apa yang akan diperbuat oleh seseorang dengan potensi-potensi dirinya tersebut?”. Dalam Q.S. at-Tahrim ayat 6, dinyatakan bahwa manusia beriman hendaknya menjaga, memelihara, memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri (potensi-potensi dan berbagai kecerdasannya) dan keluarganya agar tidak mengalami kesengsaraan hidup (neraka). Menjaga, memelihara, memperbaiki dan meningkatkan kualita (potensi) diri sendiri ditinjau dari aspek fisik-biologis, berarti menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan anggota tubuhnya. Atau secara psikologis sebagai upaya pengembangan IQ, EQ, CQ dan SQ. 
Dalam konteks pengkaderan di IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, maka kurikulum atau program perkaderan perlu dirancang dan diarahkan untuk membantu, membimbing, melatih serta mengajar dan menciptakan suasana agar para   kader dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas dirinya (yang memiliki berbagai potensi) secara optimal.
                Sementara ahli psikologi menyatakan bahwa manusia memiliki potensi IQ (Intelligent Quotient), EQ (Emotional Quotient), CQ (Creativity Quotient), dan SQ (Spiritual Quotient). Pendidikan IQ menyangkut peningkatan kualitas  head agar peserta didik menjadi orang yang cerdas, pintar dan lain-lain. Pendidikan EQ menyangkut peningkatan kualitas  heart agar peserta didik menjadi orang yang berjiwa pesaing, sabar, rendah hati, menjaga harga diri (self-esteem), berempati, cinta kebaikan,  mampu mengendalikan diri atau nafsu (self control), dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan.
 Pendidikan CQ menyangkut peningkatan kualitas hand agar peserta didik nantinya dapat menjadi  agent of change, mampu membuat inovasi atau menciptakan hal-hal yang baru. Pendidikan SQ menyangkut peningkatan kualitas  honest agar peserta didik menjadi orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah, berakhlak mulia, bersikap amanah dalam memegang jabatan dan memiliki sifat sidiq, amanah, tabligh, fathonah, dan lain-lain. Maka dengan proses proses yang di gambarkan di atas kita sebagai manusia mempunyai potensi yang luarbiasa dan sangat mahal adanya sehingga tak heran jika manusia yang bersukur dan menemukannya kebesarnan ciptaan nya dengan hasil rennungan ilmiah dia mengatakan subhannallah,
 untuk itu kita sebagai manuasia yang membutuhkan orang lain untuksarana menempa pribadi memaksimalkan potensi yang di anugrahkan sang maha zat meta fisik di barengi dengan jiwa semangat perbaikan salaing meningatkan satau sama lain,  kebutuhan dasar manusia itu berinteraksi dengan mansia yang lainnya maka tak heran jika mehaluk itu selalau berkelompok-kelompok dalam menyalurkan kebutuhan darsar mereka,
kebutuhan bersosialisasi terimplementasi dalam kebutuhan berorganisasi, sesungguhnya dalam konsep ideal dan melaksanakanya secara maksimal IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) menawarkan konsep keorganisasian yang membangun kepribadian dan melengkapi, memaksimalkan kecerdasan manusia yaitu kesadaran kritis yang tidak meninggalkan simpati berempati kepada sesama manausia yang lainnya, denga jargon “billahi fisaabilil haq fastabihul khoirot” yang terimplementasikan dalam unggul dalam intelektulitas dan anggun dalam moralitas, hal itu adalah semangat keilmuan mencerahkan namun masih pada tahap normative, sehingga perlu di kontektualisasikan dan dijadikan menjadi sebuah prodak dan aplikasi dari sebuah prodak tersebut yang biasa ditangkap di gunakan dan dirasakan perubahan efeknya baik itu matreil ataupun non materiil.

*

Yusuf Hamdani Abdi
Ketua Umum PC IMM Malang periode 2013-2014


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

2 Juni 2018 pukul 12.30

https://drive.google.com/folderview?id=1mTBCqgLnho1gUizsLnAwY8yJuFNJltc_

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Segelas Kopi untuk Ikatan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger